Jumat, 12 November 2010

DPR sediakan media komunikasi online



DPR sediakan media komunikasi online

Bagi masyarakat yang ingin berkomunikasi dengan anggota dewan perwakilan rakyat (DPR), maka dapat dilakukan melalui website www.jariungu.com, sebagai media komunikasi online masyarakat dengan anggota parlemen.

Pembuatan website tersebut menanggapi banyaknya konstituen yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan aspirasi kepada anggota parlemen.

Teuku Radja Sjahnan dan Lativa, dua pendiri dan inisiator situs itu, mengatakan situs tersebut dapat dimanfaatkan sebagai mediator komunikasi yang benar-benar bisa membantu menghubungkan anggota parlemen dengan konstituennya dengan harapan tidak akan terjadi kesulitan bagi para konstituen untuk berkomunikasi.

Menurut Teuku, website tersebut didirikan bukan oleh anggota partai politik atau simpatisan parpol, tetapi dibuat oleh rakyat biasa yang merasa perlu untuk mengenal dan berkomunikasi dengan anggota parlemen yang telah dipilihnya dalam pemilu 2009 lalu.

Seperti pada kejadian seorang aktor Pong Harjatmo yang memanjat atap gedung DPR dan lalu menuliskan kata-kata Jujur, Adil, Tegas, dengan menggunakan cat semprot berwarna merah pada 30 Juli lalu.

Menurut dia, masyarakat menyadari perlu untuk berkomunikasi dengan anggota parlemennya dengan lebih baik.

Situs tersebut, kata dia, telah dibangun selama 1,5 tahun dan diresmikan mulai 8 November 2010 www.jariungu.com, sebagai media komunikasi online masyarakat dengan anggota parlemen.

Situs tersebut memberikan info data-data dan aktivitas anggota DPR, DPD, dan DPRD se-indonesia, dengan tujuan ingin memudahkan terjalinnya komunikasi antara anggota dewan dengan konstituennya.

"Sekarang, situs ini telah berisikian data profil anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota lebih dari 15 ribu orang," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini.

Data DPRD daerah yang telah dikumpulkan datanya adalah 33 DPRD Provinsi dan lebih dari 400 DPRD Kabupaten/Kota.

Situs jariungu.com, kata dia, dapat menjadi sarana bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya kepada anggota DPR, DPD dan DPRD serta dapat membuat masyarakat mengenal lebih dekat anggota dewan yang menjadi wakil rakyat di daerahnya.

Situs itu menyediakan berbagai berita yang terkait dengan anggota parlemen serta fasilitas bagi konstituen yang ingin menyampaikan komentar pada berita, petisi dan juga usul pada anggota parlemen secara langsung.

"Konstituen dapat memilih wakil rakyat yang menjadi favoritnya. Berbagai fitur lain akan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan konstituen dan anggota parlemen," jelasnya.

Silahkan berinteraksi di www.jariungu.com

Sumber:Bisnis.com

Tidak ada komentar: